بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Kamis, 06 April 2023

Tadabbur Al-Quran Hal. 283

Tadabbur Al-Quran Hal. 283
----------------------------------------------
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

- Al Qur'an Indonesia Tajwid.

- Al-Isra' ayat 13 :

وَكُلَّ اِنْسَانٍ اَلْزَمْنٰهُ طٰۤىِٕرَهٗ فِيْ عُنُقِهٖۗ وَنُخْرِجُ لَهٗ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ كِتٰبًا يَّلْقٰىهُ مَنْشُوْرًا

Dan setiap manusia telah Kami kalungkan (catatan) amal perbuatannya di lehernya. Dan pada hari Kiamat Kami keluarkan baginya sebuah kitab dalam keadaan terbuka.

- Tafsir Al Muyassar:

Setiap manusia, Allah jadikan amal perbuatannya, baik kebaikan maupun keburukan, sebagai sesuatu yang menyertainya. la tidak dihisab karena perbuatan orang lain, dan tidak pula orang lain dihisab karena amalnya. Pada Hari Kiamat kelak Allah akan mengeluarkan baginya sebuah buku yang didalamnya tertulis semua perbuatannya, dan ia melihatnya dalam keadaan terbuka.

- Hadis Sahih (ayat 13)

Telah menceritakan kepada kami Ar-Rabi bin Sulaiman Al-Muażzin, telah menceritakan kepada kami bnu Wahb, dari Sulaiman bin Bilal, dari Al- Ala" binbAbdurrahman, dari ayahnya, dari Abu Hurairah Ra., bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda, "Apabila manusia meninggal maka  amal-amalnya terputus kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannya." (HR Abu Dawud, Aunul Ma'bud, Juz 8, No. 2877, 1428 H/2007 M: 70).