بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Jumat, 17 Maret 2023

Tadabbur Al-Quran Hal. 277

Tadabbur Al-Quran Hal. 277
----------------------------------------------
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

- Al Qur'an Indonesia Tajwid.

- An-Nahl ayat 91 :

وَاَوْفُوْا بِعَهْدِ اللّٰهِ اِذَا عَاهَدْتُّمْ وَلَا تَنْقُضُوا الْاَيْمَانَ بَعْدَ تَوْكِيْدِهَا وَقَدْ جَعَلْتُمُ اللّٰهَ عَلَيْكُمْ كَفِيْلًا ۗاِنَّ اللّٰهَ يَعْلَمُ مَا تَفْعَلُوْنَ

Dan tepatilah janji dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu melanggar sumpah, setelah diikrarkan, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah itu).  Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat.

- Asbabun Nuzul An-Nahl ayat 91 :

Ibnu jarir meriwayatkan dari buraidah. Ayat ini turun tentang baiat Nabi saw.

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari Buraidah bahwa ayat ini turun sebagai perintah untuk mematuhi baiat pada Nabi sallallahu alaihi wa sallam (masuk Islam). Sumber: Asbabun Nuzul-K.H.Q.Shaleh - H.AA. Dahlan dkk.

- Tafsir Al Muyassar An-Nahl ayat 91 :

Tetaplah menepati semua janji yang kalian wajibkan atas diri kalian antara kalian dengan Allah, atau antara kalian dengan manusia, dalam perkara yang tidak menyelisihi Kitabullah dan Sunnah Nabi-Nya. Janganlah kalian membatalkan sumpah-sumpah sesudah kalian meneguhkannya, padahal kalian telah menjadikan Allah
sebagai penjamin atas kalian ketika kalian berjanji pada-Nya. Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kalian lakukan, dan Dia akan membalas kalian atas perbuatan tersebut.