بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Rabu, 12 Juni 2024

Khawarij Qa'diyah Lebih Berbahaya Dari Khawarij Muharibah

Tematik (207)
---------------------
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Khawarij Qa'diyah Lebih Berbahaya Dari Khawarij Muharibah

Khawarij itu ada 2 macam :

1. Muharibah
2. Qa'diyyah

1. Khawarij "Muharibah" adalah khawarij yang mudah mengkafirkan umat muslim, mengkafirkan pemerintah dengan semua jajarannya. Mereka (Khawarij Muharibah) selain mudah mengkafirkan, mereka juga mengangkat senjata, memberontak, memerangi dan menumpahkan darah kaum muslimin.

Khawarij Muharibah ini ada 2 macam :

Jenis pertama: Khawarij Muharibah yang mempunyai organisasi yang jelas diketahui, mungkin untuk berhubungan dengannya. Pemerintah boleh untuk mendebat mereka dan diskusi dengan mereka dengan dalil-dalil sebagaimana yang dilakukan amirul mukminin Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu, khalifah keempat dari khulafaur rasyidin. Semoga Allah meridhai mereka semua. Beliau waktu itu mengirim sepupunya, Abdullah bin Abbas radhiyallahu 'anhu, kepada Khawarij negeri Nahrawan. Beliau mendebat mereka sampai mengalahkan mereka. Sampai orang yang kembali ke pangkuan khilafah Ali bin Abi Thalib berjumlah ribuan orang. (Yang tidak kembali diperangi).

Jenis kedua: Khawarij Muharibah yang tidak mempunyai organisasi, tetapi berupa gerombolan-gerombolan, atau mereka punya organisasi tapi tersembunyi (gerakan bawah tanah). Mereka ini tidak perlu didebat. Bahkan kalau mereka bisa ditangkap oleh pemerintah mereka diberi hukuman.

2. Khawarij Qa'diyah, yaitu orang-orang yang memprovokasi untuk berontak penguasa muslim, baik dengan terang-terangan atau dengan sembunyi-sembunyi.

--- Secara terang-terangan, maka mereka menyebut person-person Pemerintah nama-namanya, menyebarkan kekeliruan Pemerintah, mencela dan menyebarkannya di publik, di berbagai macam acara dan berbagai macam media.

--- Secara isyarat, mereka tidak menyebut person penguasa atau pegawainya. Tetapi mereka memakai bahasa isyarat dengan ungkapan-ungkapan yang mereka gunakan untuk memprovokasi melawan penguasa yang sah atau para pegawainya.

Mereka disebut qa'diyah, karena mereka tidak mengangkat senjata, mereka hanya duduk berdiam. (Qa'id artinya duduk).

Sebenarnya khawarij qa'diyah ini bibit (embrio) khawarij Muharibah.

Di antara ciri-ciri Khawarij qa'diyah adalah sebagaimana yang dijelaskan oleh Al Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah dalam Hadyus Saari halaman 483:

ﻭﺍﻟﻘَﻌَﺪﻳﺔ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﻳُﺰَﻳِّﻨﻮﻥ ﺍﻟﺨﺮﻭﺝَ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﺋﻤﺔ ﻭﻻﻳﺒﺎﺷِﺮﻭﻥ ﺫﻟﻚ

"Al Qa'diyah adalah kelompok yang memprovokasi massa untuk memberontak penguasa sedang mereka tidak terlibat langsung dalam pemberontakan tersebut".

Di kitab beliau yang lain beliau rahimahullah menjelaskan: "Kelompok Al-Qa'd adalah salah satu sekte kelompok Al- Khawarij yang mereka dahulu tidak pernah terlihat melakukan pemberontakan dengan senjata. Namun mereka selalu berupaya menentang para penguasa yang zhalim atau penguasa yang kejam semaksimal kemampuan mereka, dan mengajak (umat) kepada paham mereka. Bersama dengan itu mereka selalu mempropagandakan penentangan".
(Tahdzibut Tahdzib VIII/114) 19).

Fadhilatusy Syaikh Shalih As Sadlaan menerangkan : "Sebagian saudara-saudara kita melakukan hal itu dengan niat baik. Mereka beranggapan bahwa pembangkangan itu hanyalah dengan senjata saja. Padahal pembangkangan itu tidak hanya dilakukan dengan senjata atau dengan tindakan-tindakan anarkis yang sudah dikenal luas. Bahkan pembangkangan lewat kata-kata lebih berbahaya daripada pembangkangan dengan senjata. Karena pembangkangan dengan senjata hanyalah perpanjangan dari pembangkangan lewat kata-kata".
(Muraja'at fi Fiqhil Waqi' As Siyasi, hal 88).

Sesungguhnya membakar emosi masyarakat dan memprovokasi mereka berontak terhadap penguasa atau pegawainya, inikah pokok perbuatan khawarij dan peperangan mereka.

Semoga yang sedikit ini mudah dipahami dan bermanfa'at untuk kita semua

Barakallahu fiikum