بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Sabtu, 25 Februari 2023

SIMAK TANYA JAWAB PEKAN 5 (KEBUT)

SIMAK TANYA JAWAB PEKAN 5 (KEBUT)

Program KEBUT (Kelas Kitab Tuntas) Surabaya Mengaji.

Diampu oleh Ustadz Muhammad Yusuf Rustam, Lc., M.A. ha?zhohullahu ta’ala.

 

Kitab Khulasah Ta’dzimil Ilmi (Ringkasan Memuliakan Ilmu).

Pertanyaan 1 :

Apa yang dimaksud dengan kata kelezatan dalam berteman atau mencari teman? Sebagaimana yang termaktub dalam simpul kedua belas ? 

Pertanyaan 2 :

Bagaimana menyikapi opini di kalangan pendidikan negeri yang menyebutkan bahwa menghafal itu tidak penting? Yang penting ada talenta atau kegemaran peserta didik. 

Pertanyaan 3 :

Ada orang yg penampilannya sederhana namun ilmunya sangat tinggi. Di sisi lain, kesederhanaan penampilan kadang dianggap sebelah mata oleh manusia. Apakah sederhana itu memang terkesan tidak menjaga muru'ah ustadz? 

Pertanyaan 4 :

Salah satu hal utk menjaga ilmu adalah tidak mengotorinya. Apakah menonton film seperti drakor itu termasuk hal2 yang mengotori ilmu dan tidak menjaga muruah? Dan apakah hal tersebut bisa menjadikan ilmu enggan menetap ? Karena kadang kita jenuh sehingga kita butuh hiburan melihat film walaupun tidak sering, hanya jarang2 saja. Dan bgm dg lingkungan kerja yang bukan orang2 sholih, apakah kita harus menjauhi nya, pdhl kita berinteraksi dengan mereka setiap hari selama jam kerja. Mohon nasihatnya ustadz. 

Pertanyaan 5 :

Di daerah bugis ada panggilan untuk orang yang memiliki garis keturunan raja dengan sebutan puang... Sedangkan dalam bahasa bugis, Tuhan sebut juga puang...bagaimanakah hukumnya kita memanggil puang bagi orang yang memiliki garis keturunan raja tersebut..apakah diperbolehkan atau tidak ?... mohon penjelasannya ustad