بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Selasa, 07 Februari 2023

SIMAK TANYA JAWAB PEKAN 4 (KEBUT)

SIMAK TANYA JAWAB PEKAN 4 (KEBUT)

Program KEBUT (Kelas Kitab Tuntas) Surabaya Mengaji.

Diampu oleh Ustadz Muhammad Yusuf Rustam, Lc., M.A. ha?zhohullahu ta’ala.

 

Kitab Khulasah Ta’dzimil Ilmi (Ringkasan Memuliakan Ilmu).

Pertanyaan 1 :

Kapan seorang penuntut ilmu bisa sampai pada titik menjadi pengajar ilmu syar'i? 

Pertanyaan 2 :

Apakah bisa seorang guru membentak seorang murid yang tidak mendengarkan apa kata gurunya ? Kalau boleh marah sama murid, kira kira kapan boleh marah sama murid… 

Pertanyaan 3 :

Bagaimana korelasi antara adab dan ilmu, kita sebelum menuntut ilmu syar'i harus belajar adab dulu, nah adab tersebut kan juga merupakan ilmu, karena dengan belajar ilmu adab, kita jadi paham bagaimana harus bersikap kepada guru, kepada sesama dan kepada ilmu itu sendiri. 

Pertanyaan 4 :

Izin bertanya, kiat-kiat bisa bersabar dan istiqomah menuntut ilmu, karena kita perhatikan banyak daurah-daurah ilmu awalnya ramai (bisa ratusan orang) tapi lama kelamaan tersisa 5 atau 2 orang saja ? 

Pertanyaan 5 :

Dalam perjalanan mencari ilmu syar'i ada kalanya merasa penat bahkan meragukan diri sendiri karena misal sulit menghafal dan sulit mengerti. Bahkan, afwan, kita jadi berprasangka buruk terhadap guru kita. Mohon nasihatnya ustadz bagaimanakah berusaha beristiqomah? Terutama jika belum menemukan lingkungan yg mendukung untuk memberikan semangat ? 

Pertanyaan 6 :

Afwan ustadz jika pertanyaan diluar kitab. Bagaimana cara kita agar mengenal Allah dan bisa benar-benar mengagungkan Allah. Jika ingin belajar agar benar benar mengenal Allah apa kitab yang harus saya pelajari untuk itu. Apa yang dipelajari lebih dulu? nama nama Allah atau tauhid uluhiyah dulu?