بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Rabu, 09 Oktober 2019

Kitab Tsulutsul Tsalatsah (18)

Surabaya,  9 Oktober 2019
Tempat : Masjid Baitul Haq
Judul : Kitab Tsulutsul Tsalatsah (18)

A. Macam-macam Ibadah

* Dan jenis-jenis ibadah yang diperintahkan Allah itu, antara lain: Islam , Iman, Ihsan, do’a, khauf (takut), raja’ (pengharapan), tawakkal, raghbah (penuh minat), rahbah (cemas), khusyu’ (tunduk), khasyyah (takut), inabah (kembali kepada Allah), isti’anah (memohon pertolongan), isti’adzah (memohon perlindungan), istighatsah (memohon pertolongan untuk dimenangkan atau diselamatkan), dzabh (menyembelih), nazar, dan jenis-jenis ibadah lainnya yang diperintahkan, semuanya itu hanya untuk Allah 'azza wa jalla
* Al-Jinn 72:19
Dan sesungguhnya ketika hamba Allah (Muhammad) berdiri menyembah-Nya (melaksanakan shalat), mereka (jin-jin) itu berdesakan mengerumuninya.

B.  Jenis ibadah secara umum

1. Islam, ibadah bersifat anggota badan
     - misal bersahadat, sholat
2. Iman, ibadah hati
     * arti iman
        - secara bahasa artinya membenarkan
        - secara istilah artinya membenarkan dengan hati
     * iman seseorang tidak sama dengan yang lain
3. Ihsan, ibadah kaitannya mencangkup iman dan ihsan
     * dalil hadist 2 pada syarah arbain nawawiyah TENTANG ISLAM, IMAN, IHSAN,DAN TANDA-TANDA KIAMAT
        - Saat rasul duduk2 dengan sahabat tiba2 datang seseorang (malaikat jibril)  lalu dudul disamping nabi. Lalu bertanya apa itu islam, iman dan ihsan? Lalu rosul menjawab Islam = rukun Islam. Iman = rukun Iman. Ihsan adalah kau beribadah seolah melihat allah. Kiamat?
       - Iman dan islam diartikan sendiri maka artinya sama. Islam=iman atau iman=islam
     * Ibadah adalah satu kata yang kompleks, yang mana apa2 yang dicintai dan diridhoi baik ucapan maupun perbuat, baik tampak (sholat) maupun tidak tampak (ibadah hati, rasa cinta)
       - Aali-Imran 3:31
Katakanlah (Muhammad), “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.