بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Senin, 19 Agustus 2024

Walimah Nikah Hanya Mengundang Orang Kaya saja

One Day One Hadits (316)
------------------------------------------
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Walimah Nikah Hanya Mengundang Orang Kaya saja

وعن أبى هريرة رضي الله عنه، عن النبي صلى الله عليه وسلم قَالَ: ((شَرُّ الطَّعَامِ طَعَامُ الوَلِيمَةِ، يُمْنَعُهَا مَنْ يَأتِيهَا، وَيُدْعَى إِلَيْهَا مَنْ يَأْبَاهَا، وَمَنْ لَمْ يُجِبِ الدَّعْوَةَ فَقَدْ عَصَى اللهَ وَرَسُولَهُ)). رواه مسلم. 
وفي رواية في الصحيحين، عن أَبي هريرة من قوله: ((بئْسَ الطَّعَامُ طَعَامُ الوَلِيمَةِ يُدْعَى إِلَيْهَا الأغْنِيَاءُ ويُتْرَكُ الفُقَراءُ)).... 

Dari Abu Hurairah r.a. lagi dari Nabi s.a.w., sabdanya: "Seburuk-buruk makanan ialah makanan walimah yang tercegah - yakni tidak diundang - orang yang ingin mendatanginya iaitu kaum fakir-miskin, sebab memerlukannya, tetapi diundanglah orang yang tidak ingin mendatanginya - iaitu kaum kaya raya sebab sudah sering makan enak-enak. Namun demikian barangsiapa yang tidak mengabulkan undangan walimah - pengantin - itu, maka ia telah bermaksiat kepada Allah dan RasulNya." (Riwayat Muslim)
Dalam riwayat kedua kitab shahih Bukhari dan Muslim juga disebutkan  demikian iaitu  dari  Abu  Hurairah  r.a.,  Nabi s.a.w. bersabda:
"Seburuk-buruk makanan ialah makanan walimah yang diundanglah ke situ orang-orang kaya dan ditinggalkanlah orang-orang fakir-miskin." 

Pelajaran yang terdapat di dalam hadist :

1. Walimah, hindangan yang diperuntukkan untuk pesta pernikahan.Yang dimaksud walimah dalam hadits ini adalah walimah pernikahan. Ash-Shan’aniy menjelaskan,

والمقصود بالوليمة في هذا الحديث هي وليمة العرس خاصة ، وليست كل طعام دعي إليه أحد من الناس

“Yang dimaksud hadits ini adalah khusus untuk walimatul ‘ursy (walimah nikah), bukan semua acara walimah yang manusia diundang untuk makan (misalnya acara walimah khitan, ini walimah selain walimah nikah)

2. Diadakan walimahan sebagai realisasi adanya kegembiraan.

3. Didalam hadist memberikan petunjuk untuk menjaga, memperhatikan kaum faqir dan lemah lembut kepada mereka.
Hendaknya mengundang orang miskin juga sebagai bentuk kebaikan kepada mereka dan insyaallah lebih berkah acara walimah tersebut. Karena orang miskin umumnya lebih bertakwa dan lebih ikhlas berdoa. Mereka lebih rendah hati di hadapan Allah dan di hadapan manusia, jauh dari kesombongan yang membinasakan. Ini termasuk perintah agar makanan kita dimakan oleh orang-orang yang bertakwa agar berkah.

4. Seburuk-buruk makanan ialah makanan walimah yang diundanglah ke situ orang-orang kaya dan ditinggalkanlah orang-orang fakir-miskin.

5. Sebagian orang mungkin hanya mengundang orang kaya saja ketika acara walimah nikah. Lebih parahnya lagi jika niatnya mengundang orang-orang kaya dan pejabat hanya karena kesombongan, sedangkan orang miskin tidak diundang sama sekali. Inilah sejelek-jelek makanan walimah.

6. Memenuhi undangan walimahan adalah wajib hukumnya. 

Tema hadist yang berkaitan dengan al quran :

1. Bersikap lemah lembut kepada semua kaum mukmin. 

قَالَ الله تَعَالَى: {وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِلْمُؤْمِنِينَ} 
[الحجر: 88]. 
Allah Ta'ala berfirman:

"Dan tundukkanlah sayapmu - yakni bersikap merendahlah kepada sesama kaum mu'minin," (al-Hijr: 88).

2. Janganlah kamu mengusir orang-orang yang menyandang predikat tersebut dari sisimu yaitu orang-orang fakir miskin yang Shaleh, melainkan jadikanlah mereka sebagai teman-teman dudukmu dan teman-teman dekatmu. 

وَلا تَطْرُدِ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ

Dan janganlah kamu mengusir orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi hari dan di petang hari, sedangkan mereka menghendaki keridaan-Nya. (Al-An'am: 52).