Surabaya, 23 Februari
2020
Tempat : Masjid Al
Hidayah
Judul : Bulughul Maram (64)
A. Hadist 326 (Kitab Shalat Sujud Sahwi)
* Jenis
sujud, antara lain :
1. Sujud
sholat, dalam sholat
2. Sujud sahwi,
kekeliruan dalam sholat.
3. Rukun
Sujud Tilawah,
- Pada saat baca Quran yg ada bacaan
tilawah.
- Hukumnya wajib atau sunnah
4. Sujud
syukur,
- Tujuannya :
a.
Ketika mendapat kenikmatan
b.
Terhindar dari musibah.
- Hukumnya sunnah
* Sujud
Sahwi
- Dilakukan
ketika lupa / lalai.
- 326.Dan
dari Abdullah bin Bujainah radhiyallahu ‘anhu, bahwasannya Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam pernah mengimami mereka shalat Zhuhur, lalu beliau langsung
berdiri pada dua rakaat pertama, dan tidak duduk, maka manusia pun ikut berdiri
bersama beliau, hingga beliau akan menyelesaikan shalat, dan manusia menunggu
ucapan salam beliau, maka beliau pun bertakbir dalam keadaan duduk, lalu beliau
bersujud dua kali sujud sebelum mengucapkan salam, baru kemudian beliau
mengucapkan salam. Dikeluarkan oleh yang tujuh, dan ini adalah lafazh milik
al-Bukhary Dan dalam sebuah riwayat milik Muslim : beliau bertakbir pada setiap
sujud dalam kondisi sujud, dan manusia pun sujud bersama beliau, sebagai
pengganti duduk yang beliau lupakan.
- Faedah
:
1. Nabi pernah lupa pada saat dhuhur.
2. Imam lupa maka makmum mengikuti Imam.
3. Bertakbir ketika sujud sahwi.
4. Sujud sahwi dua kali.
5. Sujud sahwi dilakukan sebelum salam.
6. Sujud sahwi sifatnya sama dengan sujud yg merupakan rukun
shalat
7. Tidak ada bacaan khusus setelah sujud
sahwi.
8. Nabi adalah seorang manusia yang bisa lupa.
9. Sujud sahwi sebagai pengganti duduk
tahiyat pertama yang ditinggalkan
10. Duduk
tasyahhud pertama bukan rukun shalat.
11.
Disyariatkan takbir intiqal (takbir perpindahan) ketika sujud sahwi .
12.
Perbedaan pendapat para ulama ttg hukum sujud sahwi. Hukum sujud sahwi
a. Imam safii hukumnya sunnah.
b. Imam
malik hukumnya wajib sifatnya kekurangan kelebihan sunnah.
c. Imam Ahmad hukumnya wajib
13. Kesempurnaan
agama Islam.
B. Hadist 327 (Kitab Shalat Sujud Sahwi)
* 237- dan
dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata : Nabi shallallahu ‘alaihi
wasallam pernah shalat salah satu shalat fardhu di siang hari hanya dua rakaat
lalu beliau mengucapkan salam. Kemudian beliau pun bangkit menuju kayu yang ada
di bagian depan masjid, lalu beliaupun meletakkan tangan beliau di atasnya. Dan
di antara manusia ada Abu Bakr dan Umar, namun keduanya segan untuk
mengungkapkannya kepada beliau, maka keluarlah di antara sahabat yg
pertama-tama, lalu mereka mengatakan : apakah shalat diqashar? Dan ada seorang
lelaki yang dijuluki oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan
julukan Dzul Yadain, dia pun bertanya : wahai Rasulullah, apakah engkau lupa
atau shalat tadi telah diqashar? Beliau menjawab : aku tidak lupa dan shalat
tadi tidak diqashar. Dia pun berkata : benar, jika demikian engkau telah lupa.
Kemudian beliaupun shalat dua rakaat, lalu salam, kemudian beliau bertakbir,
lalu bersujud seperti sujud beliau ketika shalat atau lebih panjang, lalu
mengangkat kepala beliau lalu bertakbir, lalu beliau meletakkan kepala beliau
lalu bertakbir, lalu beliau sujud seperti sujudnya atau lebih panjang, kemudian
beliau mengangkat kepalanya lalu bertakbir. Muttafaqun ‘alaihi dan ini lafazh
milik al-Bukhary.
* Faedah
1. Nabi bisa lupa dalam perbuatan tubuhnya,
adapun dalam ucapan untuk menyampaikan dan menjelaskan syariat maka tidak, hal
ini berdasarkan ijma ulama
2. Lupanya Nabi adalah petunjuk bagi
umatnya.
3. Kelupaan tidak membatalkan shalat hingga
teringat atau diingatkan
4. Orang
yang berbicara ketika shalat karena lupa atau tidak tahu, tidak membatalkan
shalatnya
5. Sujud
sahwi karena kekurangan rukun dilakukan setelah salam.
6. Perbedaan
pendapat di kalangan para ulama tentang waktu sujud sahwi, yaitu :
a. Imam Hanifah, sujud sahwi setelah salam apabila kekurangan
rukun.
b. Imam Hanafih, semua sujud sahwi setelah
salam.
c. Imam Safii, semua sujud sahwi sebelum
salam.
7. Sujud
sahwi sama sifatnya dengan sujud ketika shalat.
8. Nabi bisa lupa seperti manusia lainnya.
9.
Hendaknya makmum mengingatkan imam ketika lupa, baik ketika masih dalam shalat
atau pun ketika setelah salam.
10.
Bertanya kepada ahli ilmu.
11.
Disyariatkan takbir intiqal ketika sujud sahwi.
12. Tidak
boleh mengqashar shalat tanpa sebab.
13. Tidak
disyariatkan bertasyahhud setelah sujud sahwi.