بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Minggu, 26 Februari 2023

Tadabbur Al-Quran Hal. 273

Tadabbur Al-Quran Hal. 273
----------------------------------------------
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

- Al Qur'an Indonesia Tajwid.

- An-Nahl ayat 59 :

يَتَوٰرٰى مِنَ الْقَوْمِ مِنْ سُوْۤءِ مَا بُشِّرَ بِهٖۗ اَيُمْسِكُهٗ عَلٰى هُوْنٍ اَمْ يَدُسُّهٗ فِى التُّرَابِۗ  اَلَا سَاۤءَ مَا يَحْكُمُوْنَ

Dia bersembunyi dari orang banyak, disebabkan kabar buruk yang disampaikan kepadanya. Apakah dia akan memeliharanya dengan (menanggung) kehinaan atau akan membenamkannya ke dalam tanah (hidup-hidup)? Ingatlah alangkah buruknya (putusan) yang mereka tetapkan itu.

- Tafsir Al Muyassar:

la menyembunyikan diri dari kaumnya karena tidak suka bertemu mereka dengan diliputi kesedihan dan aib, disebabkan anak perempuan yang dilahirkan untuknya, dan bingung dengan urusan anak perempuan yang dilahirkan ini: apakah akan membiarkannya hidup dengan menanggung kehinaan, ataukah akan menguburkannya hidup-hidup ke dalam tanah? Ingatlah, betapa buruknya ketetapan yang mereka putuskan, yaitu menjadikan anak-anak perempuan bagi Allah dan anak-anak laki-laki bagi mereka.

- Hadis Sahih (ayat 59)

Diriwayatkan dari Al-Mugirah bin Syu'bah dari Nabi Saw, beliau bersabda, "Sesungguhnya Allah Swt. telah mengharamkan atas kalian untuk berlaku durhaka ke pada kedua orangtua, juga bersikap suka meminta-minta tetapi tidak suka memberi, dan mengubur (membunuh) anak perempuan hidup-hidup. Dan Dia membenci dari kalian tiga perkara, yaitu mengatakan sesuatu yang tidak jelas sumbernya, banyak bertanya sesuatu (yang tidak perlu), dan mengeluarkan harta benda secara sia-sia." (HR Bukhãri, Sahihul Bukhäri, Juz 4, No. Hadis 5975, 1422 H: 87)