بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Minggu, 12 Januari 2020

Pilar Utama dalam Aqidah (Iman Al Muzami) 1

Surabaya,  12 Januari 2020
Tempat : Masjid Al Amin
Judul : Pilar Utama dalam Aqidah (Iman Al Muzami)

A. Keutaman Tasbih    

     * Sabda Nabi SAW: “Setiap kalimat tasbih (Subhanallah) adalah sedekah, takbir (Allahu Akbar ) adalah sedekah, tahmid (Alhamdulillah )adalah sedekah dan tahlil (laa ilaha illallah ) adalah sedekah.” (HR Muslim)
     * “Barang siapa menyucikan Allah (bertasbih) Subhanallah 33x setelah selesai sholat, memuji Allah (bertahmid) Alhamdulillah 33x, dan mengagungkan kebesaran Allah (bertakbir) Allahu Akbar 33x, yang mana hal itu menjadi 99 bilangan, lalu menyempur nakannya menjadi 100 dengan bacaan laa ilaha illallahu wahdahu laa syarikalahu lahul mulku walalhul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai-in qodiir, maka diampuni kesalahannya meskipun menyerupai buih di lautan.” (HR. Muslim no. 597)
     * Dari Abu Hurairoh r.a berkata: Rasulullah SAW bersabda; Barangsiapa membaca ‘Subhanallah wa bihamdih’ seratus kali, maka dilebur dosanya meskipun menyerupai buih laut. (Muttafaqun ‘Alaih)
     * Dari Abu Sa’id Al-Khudri r.a berkata: Rasulullah SAW bersabda (Beberapa amalan shalih yang tetap pahalanya, yaitu Laa_ilaaha_illallaah , Subhanallaah , Allaahu akbar , Alhamdulillaah , Laa haula walaa quwwata illaa billaah). (HR. An-Nasa’i, dan dishohihkan oleh Ibnu Hibban dan Al-Hakim)
     * Diriwayatkan oleh Syaikhoni, dari Abu Hurairoh Radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah SAW bersabda (Dua kalimat yang dicintai oleh Dzat yang Maha Welas Asih, ringan diucapkan oleh lisan dan berat dalam timbangan (Mizan), yaitu: Subhanallahi Wa bihamdih , Subhanallaahil ’adziim)