Halaman

Sabtu, 12 Agustus 2023

RINGKASAN SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW

Tematik (160)
---------------------
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

RINGKASAN SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW.

     Merupakan satu keharusan bagi setiap Muslim untuk mengetahui sejarah (tarikh) Nabi Muhammad saw. baik secara keseluruhan atau secara ringkas, sebagaimana banyak para ulama yang telah mengkhususkan peringkasannya (ikhtishar). Untuk itu, berikut ini akan kami kemukakan ringkasan sejarah beliau yaitu:

     Bahwa Nabi Muhammad saw. dilahirkan di kota Makkah pada malam Senin, tanggl 12 Rabi'u-Awwal, tahun Gajah. Atau bertepatan dengan tanggal 20 April 571 M. Ayahnya bernama Abdullah bin Abdul Muththalib. Ibunya bernama Aminah binti Wahab.

     Menjelang saat dilahirkannya Nabi Muhammad saw., banyak terjadi berbagai peristiwa aneh yang belum pernah dialami oleh manusia. Pada malam kelahiran Nabi saw, semua berhala (patung) yang ada di mana saja jatuh tersungkur dari tempat
nya. Api yang sejak beratus-ratus tahun lamanya disembah dan dipuja oleh bangsa Persi, tiba tiba saja padam, padahal sebelumnya tidak pernah terjadi seperti itu. Dan itulah irhasy (penampakan) tanda-tanda kenabian.

     Nabi Muhammad saw. adalah keturunan bangsawan Quraisy di negeri Makkah. Beliau memiliki paras muka yang amat elok dan tampan. Putih bersih kulitnya, terpuji kelakuannya, lagipula sangat jujur dan bijaksana.

     Ketika beliau berada dalam kandungan ibunya lima bulan,
ayahnya wafat. Kemudian ibunya menyusul wafat ketika beliau
berusis empat tahun. Lalu beliau dirawat oleh kakeknya (Abdul
Muththalib). Tiga tahun kemudian, ketika beliau berumur tujuh tahun, kakeknya pun meninggal dunia. Maka selanjutnya beliau dipelihara oleh pamannya, Abu Thalib, yakni ayah Sayyidina Ali.

     Sesudah dilahirkan, Nabi saw. menyusu kepada Tsuwaibah al-Aslamiyah, oleh karena beliau tidak mau menyusu kepada ibunya sendiri, Kemudian beliau disusukan oleh Haliman Sa'diyah dan berada dalam perawatannya hingga usia empat tahun. Pada usianya yang kesepulun tahun, beliau menggembala kambing. Kemudian beliau ikut berdagang bersama pamannya ke negeri Syam. Bersama pamannya inila beliau memperoleh pengalaman yang sangat berharga dalam bidang perdagangan.

     Pada usia 25 tahun, beliau menikah dengan Siti Khadijah, seorang janda yang kaya raya. Sebelum pernikahannya itu, beliau juga menjajakan dagangan Siti Khadijah, sehingga perdagangannya pun menjadi maju dengan pesatnya, oleh karena kejujuran dan keamanatan beliau.

     Pada usia 40 tahun, Nabi saw. menerima wahyu yang pertama di gua Hira. Dan kurang lebih selama sebelas tahun, beliau menyampaikan risalah, Tuhannya dan mendakwahkan kerasulannya.

     Kemudian setahun sebelum Hijrah - yakni pada tanggal 27 Rajab- terjadilah Isra' dan Miraj Nabi Muhammad saw.
untuk menerima perintah shalat lima waktu baginya dan umatnya.

     Pada usia kurang lebih limapuluh tahun, beliau bersama para sahabatnya berhijrah ke Madinah. Dan selama kurang lebih 23 tahun, bersama para sahabatnya itu pula beliau menegakkan agama Islam. Yakni sebelas tahun di Makkah dan duabelas tahun di Madinah. Menurut keterangan sebagian ulama, al-Qur'an itu diturunkan dalam masa 22 tahun 22 bulan dan 22 hari. Sedang al-Qur'an sendiri berisi 114 surat yang terbagi
dalam 30 juz dan mengandung 6666 ayat.

     Pada usia 63 tahun yakni setelah beliau berhasil menegakkan agama Islam di Madinah beliau berpulang ke
rahmatullah dan dikuburkan pula di situ (Madinah).

     Demikianlah sejarah ringkas Nabi Muhammad saw.

     Sebagai tambahan, berikut ini akan dijelaskan pula tentang asal keturunan Nabi saw., kemudian nama-nama istri, anak dan cucunya. Juga nama-nama empat orang sahabatnya yang menjadi khalifah sesudah beliau secara bergantian:

     Ayahnya bernama Abdullah bin Abdul Muththalib bin Hasyim bin Abdi Manaf. Kemudian keturunan beliau biasa disebut Bani Hasyim.

     Ibunya ialah Aminah binti Wahab. Sedang dua orang ibu yang menyusukannya ialah Tsuwaibah al- Asiamiyah dan Halimah as-Sa'diyah.

     Ayahnya bersaudara empat lelaki dan seorang perempuan yaitu: Abu Lahab, Abu Thalib, Abbas, Hamzah dan Shafiyah.

     Putra dan putrinya yaitu: Qasim, Thayyib, 1brahim, Fathimah, Zainab, Rugayyah dan Ummu Kaltsum.

     Cucunya dari perkawinan Fathimah dengan Ali bin Abu Thalib ialah Hasan dan Husain.

     Istri-istri Nabi saw. selain Siti Khadijah ialah: Siti Aisyah, Hafshah, Saudah, Shafiyah, Maimunah, Ramlah, Hindun (Ummu Salamah), Zainab dan Juwariyah.

    4 orang sahabat Nabi saw. yang menjadi khalifah secara berurutan ialah: Abu Bakar, Umar, Utsman dan All-radhiyal-lahu 'anhum. 4 orang sahabat inilah yang membantu dan
meneruskan perjuangan beliau menegakkan agama Islam.