Halaman

Minggu, 23 Februari 2020

Bulughul Maram (64)


Surabaya,  23 Februari 2020
Tempat : Masjid Al Hidayah
Judul : Bulughul Maram (64)

A. Hadist 326 (Kitab Shalat Sujud Sahwi)
     * Jenis sujud, antara lain :
        1. Sujud sholat, dalam sholat
2. Sujud sahwi, kekeliruan dalam sholat.
3. Rukun Sujud Tilawah,
    - Pada saat baca Quran yg ada bacaan tilawah.
    - Hukumnya wajib atau sunnah
4. Sujud syukur,
     - Tujuannya :
        a. Ketika mendapat kenikmatan
        b. Terhindar dari musibah.
     - Hukumnya sunnah
     * Sujud Sahwi
- Dilakukan ketika lupa / lalai.
- 326.Dan dari Abdullah bin Bujainah radhiyallahu ‘anhu, bahwasannya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengimami mereka shalat Zhuhur, lalu beliau langsung berdiri pada dua rakaat pertama, dan tidak duduk, maka manusia pun ikut berdiri bersama beliau, hingga beliau akan menyelesaikan shalat, dan manusia menunggu ucapan salam beliau, maka beliau pun bertakbir dalam keadaan duduk, lalu beliau bersujud dua kali sujud sebelum mengucapkan salam, baru kemudian beliau mengucapkan salam. Dikeluarkan oleh yang tujuh, dan ini adalah lafazh milik al-Bukhary Dan dalam sebuah riwayat milik Muslim : beliau bertakbir pada setiap sujud dalam kondisi sujud, dan manusia pun sujud bersama beliau, sebagai pengganti duduk yang beliau lupakan.
- Faedah :
  1. Nabi pernah lupa pada saat dhuhur.
  2. Imam lupa maka makmum mengikuti Imam.
  3. Bertakbir ketika sujud sahwi.
  4. Sujud sahwi dua kali.
  5. Sujud sahwi dilakukan sebelum salam.
  6. Sujud sahwi  sifatnya sama dengan sujud yg merupakan rukun shalat
  7. Tidak ada bacaan khusus setelah sujud sahwi.
  8. Nabi adalah seorang manusia yang bisa lupa.
  9. Sujud sahwi sebagai pengganti duduk tahiyat pertama yang ditinggalkan
10. Duduk tasyahhud pertama bukan rukun shalat.
11. Disyariatkan takbir intiqal (takbir perpindahan) ketika sujud sahwi .
12. Perbedaan pendapat para ulama ttg hukum sujud sahwi. Hukum sujud sahwi
      a. Imam safii hukumnya sunnah.
      b. Imam malik hukumnya wajib sifatnya kekurangan kelebihan sunnah.
      c. Imam Ahmad hukumnya wajib
13. Kesempurnaan agama Islam.

B. Hadist 327 (Kitab Shalat Sujud Sahwi)
     * 237- dan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata : Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah shalat salah satu shalat fardhu di siang hari hanya dua rakaat lalu beliau mengucapkan salam. Kemudian beliau pun bangkit menuju kayu yang ada di bagian depan masjid, lalu beliaupun meletakkan tangan beliau di atasnya. Dan di antara manusia ada Abu Bakr dan Umar, namun keduanya segan untuk mengungkapkannya kepada beliau, maka keluarlah di antara sahabat yg pertama-tama, lalu mereka mengatakan : apakah shalat diqashar? Dan ada seorang lelaki yang dijuluki oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan julukan Dzul Yadain, dia pun bertanya : wahai Rasulullah, apakah engkau lupa atau shalat tadi telah diqashar? Beliau menjawab : aku tidak lupa dan shalat tadi tidak diqashar. Dia pun berkata : benar, jika demikian engkau telah lupa. Kemudian beliaupun shalat dua rakaat, lalu salam, kemudian beliau bertakbir, lalu bersujud seperti sujud beliau ketika shalat atau lebih panjang, lalu mengangkat kepala beliau lalu bertakbir, lalu beliau meletakkan kepala beliau lalu bertakbir, lalu beliau sujud seperti sujudnya atau lebih panjang, kemudian beliau mengangkat kepalanya lalu bertakbir. Muttafaqun ‘alaihi dan ini lafazh milik al-Bukhary.
     * Faedah
        1. Nabi bisa lupa dalam perbuatan tubuhnya, adapun dalam ucapan untuk menyampaikan dan menjelaskan syariat maka tidak, hal ini berdasarkan ijma ulama
        2. Lupanya Nabi adalah petunjuk bagi umatnya.
        3. Kelupaan tidak membatalkan shalat hingga teringat atau diingatkan
4. Orang yang berbicara ketika shalat karena lupa atau tidak tahu, tidak membatalkan shalatnya
5. Sujud sahwi karena kekurangan rukun dilakukan setelah salam.
6. Perbedaan pendapat di kalangan para ulama tentang waktu sujud sahwi, yaitu :
     a. Imam Hanifah,  sujud sahwi setelah salam apabila kekurangan rukun.
     b. Imam Hanafih, semua sujud sahwi setelah salam.
     c. Imam Safii, semua sujud sahwi sebelum salam.
7. Sujud sahwi sama sifatnya dengan sujud ketika shalat.
       8. Nabi bisa lupa seperti manusia lainnya.
       9. Hendaknya makmum mengingatkan imam ketika lupa, baik ketika masih dalam shalat atau pun ketika setelah salam.
10. Bertanya kepada ahli ilmu.
11. Disyariatkan takbir intiqal ketika sujud sahwi.
12. Tidak boleh mengqashar shalat tanpa sebab.
13. Tidak disyariatkan bertasyahhud setelah sujud sahwi.